Jangan Anggap Remeh Desain Kartu Nama, Ini Alasannya!

desain kartu nama

Apalah artinya kartu nama? Jika hanya butuh no telepon, Whatsapp atau pin BB, semua tinggal minta, lalu disimpan/diinvite. Untuk memberitahu posisi kita di sebuah perusahaan pun sebenarnya tidak perlu sekali kartu nama. Untuk menyampaikan alamat kantor kita, selama kita punya website, maka akses di dunia internet bisa demikian mudah. Pendeknya, semua kemanfaatan itu bisa di dapat tanpa perlu kartu nama.

kartu nama

Tetapi ada yang aneh, betapa pun kekuatan dunia digital saat ini, benda “konvensional” seperti kartu nama tetap dibutuhkan. Dan karenanya kita perlu tahu fungsi lain kartu nama sebagai sebuah media untuk menyampaikan informasi. Sebab kita perlu ingat, dengan semakin kuatnya dunia teknologi informasi saat ini (dan tentu diimbangi dengan “melubernya” informasi dimana-mana), mencari suatu data tidak sesulit dahulu. Setiap orang saling terhubung, dan karenanya mencari data jauh lebih mudah.

Dari pemaparan di atas, tampaklah bahwa fungsi kartu nama sudah bergeser dari “pemuat informasi” menjadi fungsi lain. Dan salah satu fungsi paling penting dari kartu nama saat ini adalah sebagai branding tools. Kartu nama sudah difungsikan sebagai penguat kesan/image dari brand kita. Entah itu brand personal, brand coorporate atau sekedar brand sebuah produk. Kartu nama bukan lagi hanya penyimpan informasi, tetapi sebuah tools yang bisa membantu menaikkan ekuitas brand kita.

produk kemasan

Dan karena fungsi penting dari kartu nama tersebut, seorang pebisnis / marketer tak bisa lagi mengabaikan desain kartu nama-nya. Desain kartu nama kita bisa mencerminkan value yang kita tawarkan. Desain kartu nama kita bisa “menceritakan” seberapa profesional diri kita. Oleh karena itu desain kartu nama harus elegan, profesional dan modern. Kartu nama bukan hanya sekedar sebuah kertas bertuliskan beberapa informasi penting yang ditulis secara asal-asalan.

Seperti pada ilustrasi gambar di atas. Desain kartu nama untuk klien kami, sebuah perusahaan tours & travel yang sejak awal sudah menyampaikan bahwa corporate colornya adalah ungu dan oranye. Dengan kesan segmen menengah-atas yang disasarnya, kami mencoba membuatnya lebih elegan dan minimalis. Penegasan informasi kami lakukan dengan menggunakan warna blok.

Kami sangat menghindari penggunaan foto atau ilustrasi sebagai backgroound sebagaimana kesalahan yang sering dilakukan para pebisnis. Hirarki informasi juga kami perhatikan sehingga beberapa informasi terdistribusi dengan baik. Ruang kosong putih bukan dibuat tanpa alasan. Ia adalah penguat pesan yang ada pada bagian tengahnya, dengan demikian desain kartu nama ini tak hanya elegan, tetapi bisa menyampaikan pesan dengan lebih efektif.