Perlu Tahu, Inilah Jenis Dan Tipe Brosur

 

Brosur Tri-fold ukuran A3

Memilih format brosur yang tepat akan menentukan sejauh mana efektivitas dari brosur tersebut. Hal ini tidak diperlukan bila anda telah memutuskan jenis brosur yang akan anda cetak, Anda bisa miliki beberapa pilihan atau perusahaan desain Anda bisa menyarankan Anda format spesifik tergantung pada tujuan Anda.

Sebagai contoh, seorang agen pemasaran akan lebih suka menyajikan presentasi pemasarannya di brosur bi-fold dengan folder sisipan, karena bukan hanya lebih nyaman, tetapi juga akan memungkinkan dia untuk menempatkan laporannya di dalam sisipan folder, untuk menyisipkan kartu nama dan kartu perusahaan dia bekerja untuk atau menyisipkan brosur produk lain.

Beberapa dibawah ini adalah format dan jenis brosur yang umum digunakan, berikut ini Praktisprint akan memberikan gambaran mengenai macam-macam brosur agar Anda bisa membedakannya lebih mudah.

  • Brosur Bi-Fold ukuran A4  (Letter)

Brosur Bi-Fold ukuran A4

  • Leaflet ukuran Letter atau A4

 Leaflet ukuran Letter atau A4

  • Brosur Bi-Fold ukuran A3

Brosur Bi-Fold ukuran A3

  • Brosur Tri-fold ukuran A3

Brosur Tri-fold ukuran A3

  • Brosur Folder dengan flap dan sisipan

Brosur Folder dengan flap dan sisipan

Ini adalah format yang sering digunakan dalam pembuatan brosur. Namun,  terkadang ada format lain yang tidak begitu terkenal formatnya yang dapat Anda gunakan untuk situasi tertentu. Diantara format tersebut kita bisa menyebutkan amplop, memiliki amplop yang didesain dengan baik dapat secara efektif membangun  citra perusahaan Anda.

Mengirim produk, layanan atau informasi promosi dengan amplop adalah investasi. Seorang pelanggan potensial akan mempertimbangkan perusahaan Anda sebagai salah satu yang penting dan bergengsi, bahkan lebih jika ia menerima surat dengan citra perusahaan Anda di amplop. Beberapa orang berpikir bahwa memiliki amplop sendiri adalah hal sepele, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan Anda akan terlihat dengan cara yang berbeda dari sebelumnya.

Ini bukan berarti jika perusahaan Anda tidak memiliki amplop sendiri itu bukan salah satu hal bergengsi (yang terjadi dengan perusahaan-perusahaan
besar), tapi kami ingin Anda juga untuk mempertimbangkan jika brosur menjadi salah satu untuk meningkatkan citra sebuah bisnis, pribadi atau perusahaan.

Format dan ukuran brosur sangat menentukan tercapai atau tidaknya tujuan dari pembuatan brosur. Misalnya, membuat brosur tri-fold dengan ukuran A3 yang akan disebar di jalanan tidak akan efektif, karena akan sulit untuk disimpan dan akan merepotkan si penerima. Dan jika si penerima memutuskan untuk menyimpannya, ia akan perlu untuk melipat, brosur yang sudah dilipat akan rusak ketika akan dibaca kembali. Ini adalah kerugian bagi Anda dan perusahaan Anda.

Oleh karena itu, solusi terbaik dalam situasi ini adalah memiliki ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya, sehingga bisa disimpan tanpa harus dilipat.