Ternyata Begini Perayaan Hari Kartini Di Beberapa Negara

Perayaan Unik Hari Kartini Di Negara-negara Lain

Hari lahirnya seorang perempuan pahlawan bernama Raden Ajeng Kartini di tanggal 21 April menjadi tonggak sejarah kebangkitan perempuan di Indonesia. Dikarenakan perannya itu setiap kali hari kelahirannya 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Kartini menjadikan hak perempuan sama dan setara dengan laki-laki atau yang dikenal dengan emansipasi wanita.

(Baca Juga : 7 Hal Unik Yang Hanya Ada Di Hari Imlek)

Praktiser mungkin saat kecil dulu saat di sekolah pernah berdandan ala Kartini atau untuk laki-laki didandani ala pahlawan-pahlawan Indonesia sebagai peringatan kartini. Tidak hanya itu di instansi pemerintahan pun turut pula meramaikan dengan berpakaian adat tradisional.

Karyawan perkantoran berjalan memakai pakaian tradisional di simpang jalan Asia Afrika di Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/4). Sejumlah karyawan wanita memakai pakaian adat untuk memeriahkan dan memperingai hari Kartini. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/Rei/ama/15. *** Local Caption *** saat peringatan hari Kartini

Tidak hanya di Indonesia peringatan Kartini Day’s ini ternyata juga turut diramaikan beberapa Negara lainnya seperti Australia, Singapura, Swiss, Belanda dan Yunani. Ingin tahu seperti apa keseruan dan keunikannya, simak artikel berikut ini yuk Praktiser!

  • Belanda

Ternyata Begini Perayaan Hari Kartini Di Beberapa Negara

Dalam peringatan hari kartini di Belanda biasanya digelar pameran busana batik dan juga beberapa pertunjukan tarian dari Indonesia. Acara ini berhasil menarik sebanyak 300 pengunjung di wilayah Eindhoven dan juga sekitarnya. Semacam sebuah Festival Budaya Indonesia di kota Best, Belanda. Festival ini dimulai dengan perkenalan mengenai sejarah R.A Kartini.

hari kartini di belanda

Acara tersebut dilanjutkan dengan penampilan Gamelan Bali Sekarsari – Banjar Suka Duka, Marabunta Band, Angklung Friso Wieringa, Angklung Adi Soerja dan Angklung Eindoven. Kegiatan ini bisa berlangsung berkat kerjasama antara KBRI Den Haag dengan Yayasan Hibiscus.

  • Singapura

Ternyata Begini Perayaan Hari Kartini Di Beberapa Negara

Bertempat di Singapore General Hospital Promotion Board, Outram Park Stasiun menjadi tempat berlangsungnya perhelatan acara untuk memperingati hari kartini. Para Buruh Migran Indonesia (BMI) yang tergabung dalam Humanitarian Organisation for Migration Economics (HOME) KARTINI mengadakan sebuah acara dengan mengusung tema World Kartini Day, Tut Wuri Handayani.

Singapura

Ada sekitar 200 peserta yang hadir memenuhi tempat acara yang datang dari beberapa Negara mulai dari Myanmar, Filipina, Singapura, Bangladesh dan juga warga-warga asing yang berada di Singapura. Untuk membuat acara semakin meriah dan kental dengan semangat kartini para BMI ini pun menggunakan pakaian kebaya lengkap dengan sanggulnya.

  • Australia

Ternyata Begini Perayaan Hari Kartini Di Beberapa Negara

Jika di Australia tempat yang dipilih untuk merayakan hari kartini adalah di Queen Victoria Market karena letaknya yang berada di pusat Kota Melbourne. Biasanya masyarakat juga mahasiswa asal Indonesia yang tinggal disana akan turut merayakan peringatan kartini.

Ternyata Begini Perayaan Hari Kartini Di Beberapa Negara

Acara ini menjadi obat rindu tersendiri bagi para orang Indonesia yang tinggal di Australia karena biasanya diisi degan tarian budaya Indonesia dan juga penampilan band dari para pelajar Indonesia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia Australia. Di peringatan kartini ini pula saatnya menemukan makanan khas Indonesia karena akan banyak yang dijual dan dijajakan disana.

  • Yunani

Ternyata Begini Perayaan Hari Kartini Di Beberapa Negara

320 warga Indonesia yang tinggal di Athena sangat antusias sekali saat mengikuti acara peringatan hari Kartini. Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan juga Ibu Kartini.

yunani

Acara digelar di taman Olympia yang merupakan situs peninggalan arena Olympiade kuno di Yunani. Para tamu yang hadir dengan gaya busana kebaya yang paling menarik berhak mendapatkan hadiah saat di penutupan acara.