Tips Jitu Jadi Entrepreneur Ala CEO Sribu, Ryan Gondokusumo

 

tips menjadi entrepreneur

Saat kesuksesan bisa diraih di waktu muda mengapa harus menunggu tua untuk bisa sukses?

Nampaknya ungkapan ini menjadi pedoman bagi sebagian besar anak-anak muda yang sekarang ini sudah mulai bisa bergerak maju dan cepat untuk meraih suksesnya bahkan di usia muda sekalipun. Banyak cara untuk mencapai sukses itu sendiri dengan cara menjadi seorang pekerja/profesional atau entrepreneur?

Ryan Gondokusumo CEO dari Sribu dan Sribulancer beranggapan jika sebelum kamu memulai menjadi seorang entrepreneur lebih baik bekerja terlebih dahulu. Menurut pengalamannya sebelum mendirikan Sribu dan Sribulancer ia pun sempat selama 7 tahun berkecimpung sebagai pekerja kantoran hingga akhirnya di tahun 2011 ia pun memilih untuk mengambil jalur entrepreneur.

(Baca Juga : Muda dan Berprestasi, Anisa Purbandari Sukses Dirikan Student Job)

Ryan merekomendasikan hal ini dikarenakan untuk menjadi seorang entrepreneur itu sendiri tentu modal yang dikeluarkan tidak sedikit agar bisnis yang kamu jalani bisa berkembang. Maka dari itu sebelum melangkah ke karir selanjutnya untuk menjadi entrepreneur tidak ada salahnya menjalani sebagai profesional.

Waktu Membangun Bisnis

tips menjadi entrepreneur

Ryan pun mengatakan akan menjadi apa kamu di umur 40 tahun?

Sebelum mencapai umur itu dan pastikan kamu mencoba hal-hal yang belum pernah kamu lakukan sebelum menginjak umur 25 tahun. Pastikan rencana-rencana itu dipersiapkan dengan matang.

Ryan juga berpesan agar mulailah berbisnis sejak sebelum menikah karena setelah menikah kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengurusi bisnis dan juga keluarga sekaligus. Menjadi entrepreneur pun semuanya sangat susah ditebak dan satu hal yang harus kamu tahu jika waktu yang kamu miliki sangatlah terbatas.

Seperti misalnya saat kamu memutuskan untuk memulai start-up itu berarti kamu harus bisa cepat. Semakin cepat kamu sukses semakin cepat pula kamu bisa menikmati kesuksesan itu sendiri di usia muda.

Media

tips menjadi pengusaha

Pada saat mulai membangun Startup Ryan mengaku jika dirinya masih enggan untuk tampil di media. Padahal dalam pasar ini media adalah teman terbaik untuk bisa mempublikasikan dan mengembangkan bisnis. Maka dari itu jangan pernah melupakan jasa teman-teman para media karena media adalah partner yang membantu bisnis kita.

Kepercayaan Nomor 1

tips menjadi pengusaha

Jika kualitas produk/jasa yang kita pasarkan baik maka pelanggan pun akan merasa senang dan puas dengan kita. Dari situ kepercayaan pelanggan akan mulai terbangun dan dengan itu branding tentang jasa/produk kita akan semakin naik.

Ryan pun mengaku pada saat awal dulu di tiga bulan pertama ia pun tidak memiliki klien sama sekali. Sampai akhirnya ia pun menawarkan produknya kepada teman-teman terdekatnya. Kemudian kamu bisa sedikit demi sedikit bisa melebarkan koneksimu seperti misalnya bergabung dengan mengunjungi acara-acara startup.

Gimana tertarik mengikuti jejak Ryan, Praktiser?