4 Hal Yang Tidak Akan Bisa Tergantikan Dari Kartu Nama

produk kemasan

Teknologi boleh saja terus bergerak maju, tapi prinsip dasar dari bisnis tetap harus dijunjung, misalnya dengan saling bertukar kartu nama.

Meskipun terkesan ketinggalan zaman, masih ada orang-orang membutuhkan kartu nama. Orang-orang penting di perusahaan besar yang karena faktor usia atau kesibukan, menjauhkan mereka dari hingar-bingar internet, misalnya, masih sering meminta kartu nama untuk kepentingan bisnis. Di samping itu, kartu nama juga sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang giat-giatnya mulai menjaring koneksi.

(Baca Juga : Mau Cepat Kaya? Cetak Kartu Nama Sekarang!)

Apa manfaat kartu nama di era modern seperti sekarang ini? Ini jawabannya:

1. Memulai Pembicaraan

Saat bertemu dengan orang baru pertama kali, menemukan topik untuk sekedar berbincang santai cukup sulit. Bahkan, apabila beberapa menit diisi dengan keheningan, hubungan Anda dengan orang asing – yang kemungkinan bisa mendongkrak karir Anda – itu bisa berakhir dengan kecanggungan dan tidak merubah nasib Anda sedikitpun.

Dengan saling bertukar kartu nama, Anda bisa memiliki referensi topik bahasan yang pantas dan info penting yang bisa Anda gali, sehingga obrolan bisa mengalir lebih lancar tanpa ada awkward moment. Apalagi saat kartu nama Anda didesain dengan baik dan kreatif, orang lain akan tanpa sungkan menanyakan tentang Anda dan bisnis Anda.

2. Hemat Waktu

Di masa lampau, kartu nama berisi informasi sederhana yang padat dan jelas: nama, jabatan dalam bisnis, alamat, dan nomor telepon. Saat teknologi mulai mencampuri kehidupan manusia, disertakan pula detail tambahan yang saat ini dirasa penting, seperti alamat email, akun media sosial, website, dan sebagainya.

Prospek bisnis Anda untuk berkembang akan sangat terbantu oleh kartu nama yang Anda miliki. Mengingat semua informasi yang berkaitan dengan Anda dan bisnis Anda ada di selembar kertas (atau media lain yang Anda sukai) itu, profesional lain yang membutuhkan Anda tidak akan merasa kesulitan. Anda juga bisa menghemat waktu karena tidak perlu berbicara panjang lebar menerangkan siapa Anda dan di mana saja Anda ‘beredar’.

3. Menandakan Profesionalisme

Sebagai seorang profesional, di situasi tertentu, Anda pasti membutuhkan kartu nama. Fakta semacam ini, pada dasarnya, ialah etika bisnis standar.

Tetapi di atas semua itu, desain kartu nama Anda bisa memantik ide dari orang yang melihatnya, contohnya tentang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan untuk menghidupi diri. Selain itu, sisi kreativitas dan jiwa seni Anda juga bisa dinilai dari selembar kartu nama yang Anda berikan pada profesional lain.

4. Melebarkan Koneksi

Meskipun dengan media sosial Anda bisa dikenal dan mengenal orang lain, kartu nama tetap penting untuk memperluas jaringan pertemanan personal maupun bisnis Anda. Semisal ada klien yang puas dan ingin merekomendasikan Anda pada rekannya, mereka tinggal memberikan kartu nama yang pernah Anda titipkan pada klien yang hatinya sedang berbunga-bunga berkat Anda itu.

Bayangkan kalau saat itu Anda tidak memberikan kartu nama Anda, bisa-bisa rezeki Anda hilang dipatok oleh profesional lain yang paham akan gunanya kartu nama.

Jadi, jangan puas hanya dengan hadir di dunia maya, kehadiran Anda di dunia nyata yang diwakili kartu nama ternyata juga sama-sama bermanfaat.