Muda Dan Berprestasi, Anisa Purbandari Sukses Dirikan Student Job

Anisa Purbandari - Founder ID Student Job

Persaingan mendapat pekerjaan semakin ketat dan kini mencari kerja pun menjadi hal yang dirasa cukup sulit. Ini terjadi karena jumlah yang mencari kerja lebih banyak dibandingkan dengan kesempatan kerja yang ada. Selain itu juga sulitnya mencari pekerjaan adalah dengan minimnya informasi untuk mencari lowongan pekerjaan itu sendiri. Mungkin untuk Anda yang sudah berpengalaman sudah sedikitnya tahu tentang bagaimana dan dimana harus mencari itu.

Namun bagi sebagian besar Fresh Graduates atau bahkan Mahasiswa yang belum memiliki pengalaman dalam hal mencari kerja dan kemampuan yang terbilang masih minim cukup sulit untuk mencari media apa yang bisa dilihat untuk mencari informasi lowongan pekerjaan.

(Baca Juga : Belum Dapet Kerja Setelah Lulus, Apa Ya Masalahnya?)

Berawal dari sebuah masalah yang berlatar belakang dengan pengalaman yang dialami sendiri saat menjadi mahasiswa dulu, anak muda bernama Annisa Purbandari mendirika Student Job sebuah portal Job yang dikhususkan untuk para pelajar, mahasiswa, dan juga Fresh Graduates.

id student job

Awal mula ide ini muncul adalah karena sejak berumur 15 tahun ia sudah menjalani pekerjaan sampingan. Pada masa itu sedang jaman krismon melanda lalu juga sang papa bekerja sebagai Freelance yang tidak tetap sehingga mengharuskan dirinya untuk sudah bekerja mencari uang tambahan sendiri. Semasa kuliah pun ia tetap menjalani pekerjaan part time sambil menjalani pendidikan sebagai mahasiswi jurusan Sastra Perancis, Universita Indoesia.

Dari sana ia pun berpikir mengapa di Indonesia tidak ada sebuah job portal yang dikhususkan untuk para mahasiswa. Paling sering adalah saat ingin mencari pekerjaan sampingan sebagai mahasiswa yang belum memiliki gelar hanya bisa menjadi SPG atau usher. Pada saat itu untuk bisa magang hanyalah mereka yang bisa memiliki networking dan itu membuat kesempatan yang ada seperti bukan menjadi kesempatan yang umum.

Padahal di luar negeri sendiri sudah banyak sekali disediakan portal kerja untuk anak-anak muda dan sudah menjadi sesuatu yang sangat umum. Pekerjaannya pun beragam tidak hanya menjadi seorang SPG dan dari sinilah yang membuat Annisa bertanya mengapa Indonesia tidak memilikinya. Berawal dari pemikiran inilah akhirnya ia mendirikan Student Job.

Awalnya pun ia memilih media Twitter untuk menyampaikan informasi mengenai lowongan pekerjaan. Pada awal-awal hanya mengenai info part time yang dipromosikan dari teman ke teman lalu berkembang hingga menarik untuk orang posting job.

studentjob

Menyadari jika ini bisa jadi hal yang lebih serius akhirnya Annisa pun memikirkan untuk membuat sebuah startup. Meskipun pada saat itu belum terpikirkan sama sekali karena adanya keterbatasan hingga harus membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Jatuh bangun dalam membangun Student Job ini pun penuh liku banyak pengalaman yang bisa diambil dari sini. Dengan tekad yang kuat dan keinginan terus belajar dari pengalaman yang ada akhirnya semua ini pun bisa terlewati dan akhirnya bisa dijalani hingga sekarang.

Salah satu kesulitan yang dialami adalah saat ia harus membuat sebuah Startup namun bukanlah orang yang benar-benar mengerti tentang dunia IT. Menurut Annisa ia membuat semuanya menjadi menyenangkan dan dinikmati saja karena untuk hal apapun tentu semua memiliki masalahnya masing-masing. Kita perlu banyak belajar serta sabar karena memang semua membutuhkan proses. Apalagi di dunia internet yang semakin canggih dimana semuanya bisa dipelajari via online dan yang terpenting adalah kita harus mencari partner yang bisa dijadikan acuan semangat dan juga mengarahkan.

(Baca Juga : Diajeng Lestari : CEO E-Commerce Fashion Muslim Yang Mendunia)

Pesan dari wanita yang menjadikan Sri Mulyani sebagai role model adalah saat kamu ingin mendapatkan pekerjaan impian sebenarnya jangan pernah mencari hal itu yang harus kamu lakukan adalah, Create Your Own Job. Jadi dimanapun kamu bekerja tapi kamu merasa tidak puasa jangan komplain melainkan buatlah pekerjaan sendiri. Lihatlah peluang dan kesempatan yang ada kemudian maksimalkan, saat kamu merasa tidak puas carilah skill lain yang bisa kamu gunakan untuk memulai karir yang baru.

Yakinlah dengan kemampuan diri kamu sendiri karena dengan begitu baru kamu bisa maju dan melangkah ke tahap yang lebih baik lagi dari hari ini.