Jangan Anggap Remeh Kemasan Produk Dalam Berpromosi

pentingnya memilih kemasan produk

Untuk mengenalkan sebuah produk tentulah diperlukan sebuah strategi khusus agar produk yang ingin dijual bisa dikenal oleh masyarakat luas. Branding adalah hal yang diperlukan agar produk memiliki kesan tersendiri saat orang melihatnya. Apakah Praktiser tahu hal apa yang erat kaitannya dengan Branding?

Jika kalian pernah membeli suatu produk baik itu makanan, minuman, kosmetik, pakaian dan lain sebagainya dan brand-brand tersebut memiliki packaging atau kemasan yang unik dan cantik tentulah Anda sangat menyukainya. Ini menjadi Fisrt Impression yang sangat baik untuk produk itu sendiri. Tanpa disadari atau tidak mungkin Anda pernah membeli sebuah produk karena tergiur dengan kemasannya yang unik, berbeda dan sangat cantik sekali sehingga akhirnya itu bisa menjadi salah satu hal yang membuat Anda membelinya. Ini menunjukkan jika kemasan produk dalam hal berpromosi atau pemasaran cukup efektif.

(Baca Juga : Kiat Meningkatkan Penjualan Produk)

tas kemasan makanan

Mungkin banyak yang mengira jika hal yang sangat penting dalam penjualan produk adalah dari segi kualitasnya sehingga tidak jarang kemasan produk pun diabaikan. Padahal di era seperti sekarang yang dimana berbagai macam hal unik coba ditawarkan dan itulah yang membuat para calon konsumen merasa penasaran untuk mencobanya. Ini bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan yang terkadang tidak disadari.

Perkembangan dunia media sosial yang membuat semua orang berbondong-bondong memposting apa saja termasuk saat mereka membeli atau mendapatkan sebuah produk dengan kemasan yang sangat menarik. Maka dari itu Anda sebagai pegusaha mengapa tidak mulai sekarang untuk membuat sebuah kemasan produk yang menarik dan membuat orang merasa harus membelinya. Kualitas, pelayanan, pemasaran dan kemasan adalah satu kesatuan yang saling mendukung satu sama lain.

kemasan cantik

sumber : femaledaily.com

to live a creative life, we must lose our fear of being wrong.

Kemasan produk diatas adalah salah satu contoh dari kemasan produk yang memiliki keunikan tersendiri. Jika biasanya mungkin Anda membeli kartu nama hanya mendapatkan box yang seperti kaca bening saja akan tetapi salah satu percetakan online Praktisprint.com menggunakan kemasan produk dengan box karton berwarna biru mencolok sehingga sangat eye catching sekali untuk difoto dan di posting ke Social Media. Tidak dipungkiri salah satu promosi yang banyak meningkatkan penjualan adalah dengan Social Media.

Jika Anda yang masih ragu dengan keefektifan packaging dalam meningkatkan penjualan maka berikut ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan sebuah kemasan produk.

FUNGSI

Sesuai dengan fungsinya kemasan berguna untuk melindung produk dari berbagai hal yang mampu merusak produk itu sendiri. Ini juga berfungsi dalam proses pendistribusian produk baik dari Anda ke customer atau saat dikirimkan ke beberapa distributor/toko retail.

MENJADI DAYA TARIK

Sebelum membuatnya ada baiknya Anda riset terlebih dahulu mengenai desain, warna, dan lainnya agar nanti desain Packagingnya sendiri bisa tepat sasaran.

PROMOSI

Seperti yang sudah banyak diulas diatas jika kemasan produksi ini akan sangat memiliki cukup banyak efeknya dalam promosi. Dalam kemasan akan bisa ditulis seperti cara pemakaian, kegunaan, cara membuat, tagline dan informasi lainnya yang mendukung informasi dari produk yang akan dijual.

PERBEDAAN

Misalkan dalam satu contoh adalah ada sebuah produk A dan B yang secara fungsi sama, rasa pun bisa hampir sama, dan hal lainnya yang juga hampir sama. Disini yang membedakan adalah kemasannya saja yang berbeda, kecenderungan masyakarat sekarang ini adalah memilih produk dengan packaging yang lebih unik dan menarik menurutnya.