Makin Cantik Tanpa Kantong Plastik

tas ramah lingkungan

Kebijakan pemerintah per tanggal 21 Februari yang mengharuskan melakukan pembayaran plastik untuk setiap penggunaannya memang banyak menimbulkan pro dan juga kontra. Banyak yang menentang tapi ada juga yang mendukung atas kebijakan tersebut. Biaya yang harus dibayar adalah Rp.200,- untuk satu kantong plastik. Mungkin bagi sebagian orang jumlah yang harus dibayarkan tidak terlalu berpengaruh akan tetapi poinnya sebenarnya bukan pada sejumlah uang tersebut.

Kebijakan ini mengajarkan agar masyarakat bisa belajar untuk peduli terhadap lingkungan. Berbelanja ke supermarket atau pasar tradisional dengan membawa tas dari rumah sendiri tanpa menggunakan tas plastik. Kita tahu jika sampah plastik sudah semakin banyak dan menggunung  sehingga proses daur ulangnya pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kampanye Go Green pun sebenarnya sudah sangat sering di suarakan dan banyak juga yang sudah menerapkannya dan menjadi tren di tengah masyarakat. Tas ramah lingkungan seperti ini pun sebenarnya lebih memiliki model, bentuk dan warna yang lebih menarik kemudian satu lagi yang kelebihannya adalah akan mampu membantu program peduli lingkungan diet kantong plastik.

(Baca : Keuntungan Menggunakan Tas Spunbound)

Ada banyak pilihan tersedia untuk tas ramah lingkungan ini, jika kamu masih bingung untuk memilih model yang seperti apa berikut adalah pilihan yang bisa kamu pilih :

  • Canvas Bag

jual canvas bag

Salah satu yang juga bisa digunakan sebagai tas belanja ramah lingkungan sebagai pengganti tas plastik adalah tas canvas bag. Bahannya lebih tebal dan mudah dicuci sehingga banyak dimanfaatkan untuk kantong belanja karena cukup mampu menampung barang belanjaan. Tas model seperti ini cukup banyak tersedia di pasaran dari mulai supermarket dan pasar tradisional dengan harga yang relatif murah berkisar Rp 100.000,-.

  • Reusable Bag Shopping

tas daur ulang

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan yang satu ini, salah satu yang juga digunakan sebagai pengganti tas plastik yaitu standar reusable shopping bag. Harganya cukup lebih mahal dibandingkan dengan tas canvas biasanya. Bahannya pun beragam dari mulai nilon dan parasut.

  • Trolley Bag

tas belanja ramah lingkungan

Nah, kalau yang satu ini mungkin diantara kamu sudah ada yang tidak asing dengan tas ini. Sudah banyak sekali orang yang mulai mencobanya, khususnya para ibu rumah tangga. Masih berhubungan dengan kebijakan untuk membayar kantong plastik dibandingkan harus membauar kantong plastik untuk membayar lebih baik menggunakan trolley bag dan bisa digunakan setiap saat ketika dibutuhkan.

Yuk, mulai diet kantong plastik dan sama-sama menjaga bumi dan lingkungan demi kesejahteraan anak cucu kita nanti.