Cara Jitu Untuk Tambah Uang Saku

kerja part time

Anak kuliah perantauan dituntut untuk bisa mengatur keuangan dari orangtua dengan sebaik mungkin. Jangan sampai uang sudah habis sebelum waktunya, tapi terkadang kejadian tersebut bisa saja terjadi. Bila sudah begitu, anak kos ini harus pintar-pintar mencari solusi, misalnya saja bekerja part time.

Mahasiswa, apalagi yang sudah memasuki akhir tahun kuliahnya, cenderung memiliki banyak waktu luang. Ketimbang main-main tidak jelas, lebih baik mengisinya dengan mengambil kerja sambilan atau yang lebih dikenal dengan part time. Selain memberikan penghasilan, juga menjadi pengalaman yang memberikan nilai plus di saat memasuki dunia kerja nanti.

Tak semua pekerjaan cocok untuk para mahasiswa, Berikut ada 6 job khusus mahasiswa bagi Anda yang ingin menambah pengalaman dan penghasilan yang telah dirangkum oleh Praktisprint.

  • Kerja di Kampus

Kerja di kampus tentu akan lebih memudahkan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan part timenya dengan waktu kuliah. Beberapa universitas di Indonesia sudah ada yang mengatur dengan serius mahasiswa yang berniat untuk berkerja secara part time. Anda bisa mencoba cari informasinya di bagian kemahasiswaan atau cek di situs resmi universitas Anda.

  • Kerja di Luar Kampus

Kerja di luar kampus sangat banyak jenisnya. Kerja di luar kampus biasanya berkaitan dengan apa yang menjadi bidang ketertarikannya, misalnya seorang mahasiswa fakultas olah raga mengajar les renang, mahasiswa yang tertarik dengan jurnalistik jadi wartawan, yang kuliah di arsitektur jadi konsultan arsitektur, menunggu rental komputer/warnet, dan masih banyak lagi.

  • Mengajar Les/ Privat

Banyak teman-teman yang melakukan kerja part time jenis ini saat kuliah. Hasilnya cukup menjanjikan untuk seorang mahasiswa. Anda bisa mengajar les secara pribadi door to door, atau mengajar di bimbingan belajar.

Anda dapat mencari informasinya di lembaga-lembaga bimbingan belajar (Bimbel) di kota tempat Anda kuliah. Gajinya memang tidak begitu besar, karena didasarkan pada berapa banyak Anda mengajar. Untungnya, dari mengajar di bimbel, Anda bisa berkesempatan untuk membuka les prifat.

Diakui mengajar private jauh lebih nyaman daripada mengajar di bimbel. Selain honor yang jauh lebih besar, mengajarnya juga akan lebih mudah kalau hanya satu atau beberapa orang saja. Mata pelajaran yang biasanya membutuhkan les adalah Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Sering juga permintaan untuk les belajar baca Al-Qur’an.

  • Wirausaha Mandiri

Sepertinya program dikti yang disebut program mahasiswa wirausaha dan juga kopererasi mahasiswa akan sangat membantu Anda. Program ini memungkinkan Anda memiliki kemampuan mengembangkan jiwa wirausaha, sekaligus mengaplikasikan ilmu. Tanpa program ini pun mahasiswa bisa memulai sendiri usaha pribadinya. Jual donat, membuka jasa menyablon, dagang majalah bekas dan buku, dagang sepatu, pembuatan kaos seragam, membuka toko online, dll, semua bisa dilakukan saat masih menjadi mahasiswa.

  • Kerja Online

Anda mungkin sudah merasakan kenyataanya. Internet dan mahasiswa saat ini seperti dua hal yang tidak mungkin dapat dipisahkan. Mau tidak mau mahasiswa memang harus mengakses internet, entah itu kebutuhan tugas, kebutuhan belajar, atau sekedar mengecek e-mail dan facebook.

Banyak yang sudah melakukannya dan meyakini internet adalah sumber pendapatan yang sangat menjanjikan. Bahkan beberapa mahasiswa sudah berhasil meraih pendapatan lebih dari orang kebanyakan. Mungkin Anda bisa berjualan barang secara online atau mengelola situs atau blog yang di monetize. Segala cara mengenai ini cukup mudah di temukan di internet, Anda hanya tinggal mencarinya di google, membacanya, dan menguasainya dengan belajar secara otodidak.

  • Menulis Buku (eBook)

Seorang mahasiswa sudah pasti punya kemampuan menulis. Anda bisa menulis berdasarkan sebuah ide sederhana atau pengalaman Anda. Yakinlah buku Anda laku dijual. Seorang ahli marketing mengajarkan bahwa bukan produknya yang menjadi masalah. Sebuah produk biasa-biasa dengan kemampuan penjualan yang luar biasa akan menghasilkan bisnis yang luar biasa.