Hadapi MEA Ada 5 Skill Yang Harus Kamu Kuasai

menghadapi MEA

Di tahun 2016 ini Indonesia resmi menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dimana diberlakukan pembebasan perdagangan di wilayah negara-negara ASEAN. Adapun 10 negara dimana diantaranya termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja, Laos, Myanmar dan Thailand.

Dengan hadirnya MEA ini tentunya memberikan peluang yang besar untuk bisa memperkenalkan produk-produk lokal Indonesia ke seluruh negara ASEAN. Namun dibalik keuntungan dengan mendapatkan peluang yang selebar-lebarnya namun juga kita harus dihadapkan dengan ketatnya persaingan dengan berbagai pihak dari negara-negara lain.

Untuk menghadapi MEA jangan pernah takut untuk terus mengembangkan kualitas diri semakin baik agar bisa terus bersaing dengan berbagai orang dari negara-negara ASEAN. Berikut ini adalah 5 keahlian yang harus kamu miliki agar bisa bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean 2016.

  • Keahlian Beradaptasi

cara beradaptasi

Bagaimana cara kita untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar adalah salah satu skill atau modal awal yang harus dimiliki. Terlebih saat harus berhadapan dengan orang dari berbagai macam Negara yang tentu saja memiliki kebiasaan yang berbeda-beda pula. Hal tersebut tentu membuat kamu harus memiliki keahlian untuk adaptasi yang baik.

Disini kamu harus bisa berpikiran terbuka dan menerima kebiasaan yang berbeda dengan apa yang biasa menjadi kebiasaanmu. Jika kamu tidak bisa mau membuka diri dan tertutup akan hal ini maka akan membuat kamu sulit untuk berkembang dan ini tidak baik dalam perkembangan karir. Karena dengan kamu bisa beradaptasi dan bisa menjalin hubungan serta kerja sama dengan pihak lain maka tentu saja kesempatan dan peluangmu akan semakin besar.

  • Keahlian Dalam Memimpin

kepemimpinan

Leadership adalah salah satu yang harus ditanamkan dalam diri kita. Bagaimana kamu mampu memimpin dirimu sendiri agar bisa menjadi pribadi yang selalu siap memberikan contoh baik untuk orang-orang disekitar. Terlebih dalam dunia pekerjaan, keahlianmu dalam memimpin akan berguna untuk mengarahkan orang banyak dengan sifat dan watak yang berbeda-beda.

Keahlian ini bisa diasah sejak kamu berada di bangku sekolah atau kampus dengan mengikuti kegiatan organisasi atau menjadi anggota OSIS atau ketua UKM. Hal tersebut akan membuat keahlian memimpin terasah dan tentunya ini akan menjadi bekal yang baik untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat.

  • Keahlian Berbicara Di Depan Umum

suara

 

Jika kamu memiliki sebuah ide atau pendapat yang mungkin saja itu bisa membantu dan memberikanmu kesempatan lebih besar namun kamu tidak berani untuk mengungkapkannya di depan umum maka itu tidak akan memiliki pengaruh apa-apa untuk dirimu sendiri. Ide yang besar akan sangat percuma jika hanya disimpan sendiri dan tidak ada aksi untuk merealisasikannya.

Jelas jika kamu harus mulai berani berbicara di depan umum agar mereka bisa mendengar apa yang ada didalam kepalamu. Mereka bisa tahu apa ide-ide besarmu yang akan bisa menunjukkan kualitas dirimu sebenarnya. Dalam dunia kerja pun kamu akan banyak berhubungan dengan hal presentasi dengan rekan kerja jika penyampaianmu bagus maka maksud dan tujuan pun akan bisa terwujud dengan baik.

  • Keahlian Berbahasa Asing

bahasa asing

Menggunakan bahasa sendiri memang lebih baik akan tetapi kamu tidak bisa tutup telinga dan menutup diri dari bahas asing. Tidak bisa dipungkiri jika dengan banyak orang asing yang masuk ke Indonesia tentu saja pengetahuanmu tentang bahasa asing harus lebih ditingkatkan. Ini demi kelancaran dalam hal komunikasi dengan orang asing yang datang dari Negara lain. Bahasa Inggris adalah salah satu yang sedikitnya bisa kamu kuasai karena hampir rata-rata orang menggunakan bahasa ini untuk berkomunikasi.

Setelah kamu bisa mempelajari dan mengaplikasikan bahasa asing yang kamu kuasai jangan lupakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional Indonesia dan tidak menutup kemungkinan untuk kamu mengenalkan bahasa Indonesia kepada bangsa lain.

  • Keahlian Dalam Ciptakan Peluang

ciptakan peluang

Dengan adanya MEA maka kesempatan akan terbuka selebar-lebarnya. Jangan sia-siakan kesempatan ini, kamu bisa menggunakannya untuk menciptakan peluangmu . Kamu harus bisa jeli dalam membaca peluang yang ada dan salah satu hal yang bisa kamu manfaakan dari hal ini adalah pandai-pandailah untuk bernegoisasi.

Negoisasi yang baik tentunya harus didukung dengan cara komunikasi yang baik pula bila ini bisa digabungkan maka bukan tidak mungkin hasil negoisasi nantinya akan membawa hasil yang membawa keuntungan untuk kamu. Sebuah perjanjian dan hubungan kerja sama dengan pihak lain akan semakin kuat dan peluangmu akan semakin terbuka.