COTTON INK ; Hasil Duet WomenPreneur Ria Sarwono & Carline Darjanto

KISAH SUKSES COTTONINK

“Every day is a fashion show & the world is your runway”

CottonInk_Logo

Jika Jepang memiliki UNIQLO sebagai brand fashion yang terkenal bisa dibilang Indonesia memiliki COTTON INK sebagai brand fashion line yang patut diperhitungkan. Sukses Cotton Ink tentu saja tidak akan terjadi tanpa orang-orang dibalik layar yang bekerja keras hingga bisa membawa nama Cotton Ink seperti sekarang. Adalah Ria Sarwono & Carline Darjanto, duo womenpreneur yang sukses menggiring Cotton Ink banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Bagaimana Awal Mula Cotton Ink Berdiri?

Berawal dari ajakan Carline Darjanto untuk membuat sebuah bisnis fashion yang tidak lain adalah teman dari Ria Sarwono sendiri. Ide itu muncul di tahun 2008 dimana mengapa Carline memilih untuk berbisnis di bidang fashion dikarenakan memang ia memiliki background pendidikan fashion design. Dengan bermodalkan 1 Juta rupiah saat itu mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya bisnis Cotton Ink bisa mencapai sukses seperti sekarang ini. Mereka berdua memulai serius untuk menekuni bisnis ini saat usia 21 tahun dimana segala sesuatu mengenai dunia bisnis di pelajari dengan konsep “Learning by Doing”.

Selain modal berupa uang Ria mengaku bahwa ada hal lain yang tak kalah penting yaitu modal berupa pengetahuan yang luas, networking dan juga tentunya selera fashion itu sendiri. Pada saat itu dengan modal yang sangat minim maka bisnis secara online di pilih oleh keduanya disamping itu baju yang pertama kali diproduksi oleh Cotton Ink adalah Obama Printed t-shirt. Penjualannya saat itu melalui Facebook dan juga Blogspot dimana dari kedua media tersebut benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk bisa mendapatkan konsumen. Pada saat itu yang menggunakan penjualan secara online masih sedikit dan media berpromosi pun masih sedikit berbeda dengan keadaan sekarang ini.

KISAH SUKSES COTTON INK

Ria Sarwono & Carline Darjanto

Apa Konsep Yang Ingin Ditunjukan Oleh Cotton Ink?

Dari awal konsep yang ingin dibawa oleh Cotton Ink adalah casual with a twist, karena sudah sejak awal Ria dan Carline mendesain baju-baju produksi mereka memang yang bisa dipakai untuk sehari-hari. Baju yang tidak terlalu banyak detail yang penuh akan tetapi baju dengan desain yang simple sehingga orang yang mengenakannya tidak akan terlihat berlebihan. Begitupun dengan pemilihan nama Cotton Ink sebagai nama brand fashion line mereka yang sangat simple dan juga mudah diingat.

3

5

1

Langkah Awal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Memulai Bisnis?

Menurut Carline langkah awal yang perlu diketahui sebelum memulai usaha adalah dengan mengetahui target pasar sehingga nantinya kita sendiri bisa membuat produk yang tepat. Kemudian konsep apa yang dipilih untuk usaha yang dibangun sehingga nantinya kita bisa menilai sendiri kelebihan apa yang kita miliki sehingga akan bisa bersaing dengan kompetitor sejenis lainnya. Selain itu sangar perlu untuk mendengarkan konsumen tentang apa yang mereka suka dan tidak suka. Dari situlah kita bisa menerima masukan yang tentu saja itu sangat membantu dalam membangun bisnis yang sedang dijalani dengan lebih baik lagi kedepannya.

Ini dibuktikan juga oleh para konsumen yang menginginkan Cotton Ink membuka offline store dan beberapa waktu yang lalu Cotton Ink pun sudah resmi memiliki toko ofline sendiri yang berada di Jl. Kemang Timur Raya no 74C, Jakarta Selatan.

KISAH SUKSES COTTON INK

d0c9d2c5e65e29b614899eb17254688304872b85

Bagaimana Inovasi & Strategi Pemasaran?

Seiring dengan berkembang pesatnya dunia onlie shopping terutama dalam bidang fashion membuat Cotton Ink harus memutar otak untuk bisa terus bertahan. Selain promosi dan pemasaran yang dilakukan melalui social media Cotton Ink juga membangun sebuah social media community dengan hastagnya #youxcottonink. Selain itu dari produknya sendiri pun terus dilakukan inovasi dengan membuat variasi 4 kali lebih banyak dari produk yang bisa diberikan oleh kompetitor.

TB_28Sept_02

Bylabel_28Sept_03

Apa Pesan Cotton Ink Untuk Yang Ingin Merintis Usaha Fashion?

Pesan dari kedua pendiri Cottonk Ink, Ria Sarwono & Carline Darjanto adalah jangan pernah lelah dan teruslah berkerja keras. Memulai bisnis ada baiknya dari hal yang disukai. Jika ada masalah jangan cepat menyerah karena dalam bisnis tentulah pasti ada saja masalah yang datang menyerang. Penting untuk selalu kreatif dan mencari-cari ide-ide yang segar karena bisnis di bidang fashion itu menjadi hal yang sangat penting.

carline-darjanto-and-ria-sarwono