Inilah Gambaran Persaingan Antar Pebisnis Percetakan

percetakan praktis print

Persaingan yang muncul diantara para produsen percetakan yang memiliki jenis usaha yang sejenis dan target market yang sama, yaitu jasa cetak offset dan digital printing dan yang lainnya yang sudah berdiri lebih dahulu dikenal oleh konsumen.

Tidak saja oleh faktor tersebut, ancaman utama yang dihadapi oleh usaha pelaku percetakan ini  (terutama percetakan kecil) adalah perusahaan-perusahaan besar yang telah dikenal oleh masyarakat. Perusahaan-perusahaan tersebut mempunyai pangsa pasar yang sangat besar serta mempunyai nama dan lebih dikenal di masyarakat. Kegiatan produksi mereka dibiayai dengan biaya yang besar dan dikelola dengan sistem manajemen yang baik, mempergunakan peralatan modern sehingga mampu menghasilkan produk yang baik, dan memiliki bisnis grosir dengan prosentase besar.

Namun ancaman tersebut merupakan faktor pendorong dalam menjalankan usaha percetakan. Agar lebih giat dalam berproduksi, pelaku usaha percetakan selalu berusaha meningkatkan dan mempertahankan mutu, kekhasan dan kualitas produksi cetakan supaya dapat merebut segmen pasar dan konsumen tidak berpaling pada produk prusahaan lainnya misalkan dengan memberikan layanan gratis design, antar – jemput order bahkan sampai pada memberikan layanan negosiasi biaya agar sesuai dengan budget klien.