Ternyata Inilah Sejarah Percetakan Dari Dulu Hingga Sekarang

Cetak brosur

Bisnis dunia percetakan saat ini masih terus berkembang dengan baik karena memang kebutuhan masyarakat dalam hal cetak mencetak masih sangat besar. Apalagi saat ini dimana semua orang membutuhkan material untuk promosi mereka sehingga tentu saja membutuhkan percetakan untuk membuatnya. Bisa dibilang bisnis percetakan ini kian hari semakin mudah ditemukan. Apalagi masyarakat semakin dimudahkan dengan munculnya percetakan online seperti Praktisprint.com yang menyediakan jasa cetak online untuk kartu nama, brosur, banner dan lain sebagainya.

Namun, tahukah kamu bagaimana sejarah awal dari percetakan?

Percetakan

Percetakan sendiri artinya adalah proses industri yang bisa dilakukan oleh industri skala besar atau kecil untuk memproduksi dalam jumlah yang banyak baik tulisan dan gambar. Dalam sebuah bisnis penerbitan tentu saja percetakan menjadi bagian yang sangat penting. Urusan cetak mencetak mencakup luas karena didalamnya terdapat tekhnik dan jenis kegiatan yang panjang dari mulai desain, pemilihan warna yang tepat, ukuran kertas hingga tahap finishing.

praktis print

Sejarah Percetakan

Jasa percetakan yang saat ini kita bisa nikmati tentu tidak begitu saja ada, melainkan bisa ada karena dimulai oleh orang-orang terdahulu kita. Percetakan pertama kali dikenalkan di abad ke-14 oleh masyarakat Cina, maka tidak heran jika banyak sekali mesin cetak yang bermerek dari Cina.

Di Eropa sendiri sebelum percetakan ditemukan mereka terbiasa mencatat semua informasi dengan mencatatnya dengan tulisan tangan. Bahkan untuk menulis satu jilid buku saja dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikannya. Kemudian dirasa jika tekhnik ini sangatlah membuang-buang waktu dan tidak semua orang bisa melakukannya karena hanya bisa dilakukan oleh ahli tulis (scribes).

Kemudian pada tahun 1440 tekhnik cetak pertama kali muncul dari kota Mainz di Jerman. Pada saat itu Jerman menjadi tempat kerajinan logam uang dan metode cetak saat itu pertama kali diperkenalkan oleh Johannes Gutenberg. Ia terinspirasi oleh uang logam yang digesekkan dengan orang ke atas sebuah kertas. Dari kejadian tersebut maka dikenal dengan istilah cetak tinggi.

Seiring dengan perkembangan dunia percetakan yang semakin canggih dan tinggi maka jenis mesin dan juga kertas banyak yang bisa memudahkan para pebisnis percetakan pada saat ini. Sekarang tidak lagi perlu membutuhkan waktu yang lama untuk mencetak bahkan Anda tidak perlu keluar kantor atau rumah hanya untuk mencetak. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk urusan mencetak kebutuhan Anda maka bisa langsung kunjungi praktisprint.com dan pesan segala kebutuhan seperti kartu nama, brosur, banner, sticker dan lainnya.