Inilah 5 Tips Membangun Bisnis Percetakan Yang Belum Kamu Ketahui

percetakan printing

Pernahkah terpikir di benak anda untuk membuka sebuah bisnis percetakan?

Sejauh ini bisa dibilang bidang bisnis percetakan adalah salah satu yang masih sangat bisa bertahan di Indonesia. Apalagi bisnis ini menjadi sangat populer dikalangan masyarakat. Seperti yang sudah sedikit dijelaskan diatas tadi jika saat ini masyarakat sekarang sudah mulai coba untuk berbinis dan untuk itu perlu jasa untuk mencetak semua alat promosi yang dibutuhkan. Seperti misalnya, kartu nama, brosur, flyer, banner, tas promosi, kalender, stiker dan lain sebagainya. Ini akan membawa keuntungan yang cukup besar jika dijalankan sebagai bisnis.

Bagi anda yang tertarik untuk membuka bisnis percetakan mungkin bisa membaca artikel mengenai tips untuk memulai membuka bisnis percetakan. 

Menurut penelitian, perusahaan yang bergerak di bidang percetakan biasanya memperkerjakan karyawan kurang dari 10 orang. Lebih sedikit tenaga pekerja karena peralatan mesin digital lebih banyak digunakan dalam proses produksi. Kebutuhan alat cetaknya pun saat ini sangat terjangkau dan relatif murah sehingga modal biaya produksi di awal-awal tidak terlalu banyak. Jika anda ingin mengalokasikan modal untuk membeli alat cetak yang canggih maka ini memudahkan anda untuk proses produksi.

Berikut ini ada 5 tips bagaimana mengembangkan bisnis percetakan anda agar lebih bisa berkembang.

  • Cari Celah Dari Industri¬†Percetakan¬†

bisnis online

Salah satu untuk bisa bersaing dan tetap bertahan dalam bisnis terutama dalam hal ini adalah industri percetakan maka anda sebagai pengusaha harus pintar mencari celah dari industri ini. Disaat perusahaan yang lain mencoba untuk memenuhi segala kebutuhan klien anda harus bisa tetap konsisten dengan cara terus memberikan kualitas yang terbaik.

Dibandingkan terlalu banyak jasa yang ditawarkan namun hasilnya tidak maksimal walaupun sebenarnya inovasi itu diperlukan namun tetap celah terbaik dalam hal ini adalah dengan terus menjaga kepercayaan pelanggan dengan terus mempertahankan kualitas cetakan.

Produk cetakan harus memiliki hasil dengan warna yang tepat, maka dari itu ada baiknya anda juga investasi dari penghasilan yang sudah Anda dapatkan dengan membeli mesin cetak dengan teknologi yang terbaru atau lebih baik dari sebelumnya. Seperti Praktisprint.com yang telah menggunakan teknologi liquid ink sehingga untuk hasil warna dan ketajaman gambar lebih baik dibandingkan dengan percetakan yang lain.

  • Mencari Tahu Tentang Kompetitor

competitor

Seperti yang sudah disinggung sedikit bahwa penting rasanya untuk mencari tahu mesin apa yang memiliki kualitas untuk hasil cetak yang terbaik. Membangun bisnis yang baik sebenarnya bisa dipelajari salah satunya adalah dengan belajar dari kompetitor. Pelajari apa yang menjadi kelemahan lalu jadikan itu sebagai celah untuk mengembangkan bisnis bagi Anda yang baru memulainya. Baik itu dari segi pelayanan, kualitas, mesin cetak dan lain sebagainya.

  • Gunakan Alat Yang Tepat

print

Ini sekali lagi yang perlu diingat jika dalam bisnis percetakan selain harga yang bersaing kualitas cetakan pun harus pula yang terbaik. Jika Anda salah dalam menggunakan alat maka ini akan menjadi kerugian, maka dari itu belilah alat yang berkualitas untuk hasil yang maksimal. Buatlah konsumen Anda tidak bisa menemukan kualitas sebaik di tempat Anda. Tentunya, ini harus tetap dipertimbangkan dari segi keuangan dan membelinya sesuai dengan jangkauan dan kondisi keuangan bisnis Anda.

  • Berikan Tambahan Nilai Di Mata Klien

Pelayanan konsumen

Tips yang satu ini cukup efektif untuk memberikan kesan yang baik di mata konsumen. Anda memberikan apa yang diinginkan oleh klien, misalnya mencetak dengan ukuran yang sesuai dan hasil yang baik kemudian bisa juga dengan memberikan bonus potongan harga kepada langganan Anda. Dari sini bisa terjalin hubungan yang lebih baik antara Anda dengan klien sehingga bisa berkelanjutan untuk pesanan selanjutnya.

  • Promosi, promosi dan promosi!

promotion

Setelah Anda membangun usaha percetakan ini dan ingin lebih mendapatkan efek yang lebih banyak untuk keuntungan perusahaan Anda maka kini saatnya lakukan promosi. Beragam cara promosi bisa dilakukan seperti misalnya menjadi sponsor dalam sebuah acara-acara, membuat iklan di majalah atau surat kabar daerah setempat.

Tidak lupa juga manfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Website dan lainnya untuk mempromosikan bisnis lebih luas dan mudah dijangkau.

Kelima tips diatas bisa menjadi pencerahan untuk Anda yang masih bingung mencari cara untuk lebih bisa mengembangkan bisnis yang anda miliki.

Selamat mencoba :)