5 Pelajaran Yang Bisa Kita Ambil Dari Kisah Sukses Bob Sadino

Mungkin anda sudah tahu jika di bulan Januari yang lalu kita baru saja kehilangan sosok inspiratif yang memberikan inspirasi untuk banyak orang. Meskipun raganya sudah tidak bisa lagi kita lihat akan tetapi ilmu-ilmu atau inspirasi yang telah ia berikan akan terus terkenang dan membekas sepanjang masa.

Bob sadino

Bob Sadino adalah salah satu contoh pengusaha yang sukses dalam bisnisnya akan tetapi juga tidak lupa untuk memberikan ilmu kepada orang-orang yang membutuhkannya. Itulah mengapa nasihat-nasihatnya terutama untuk para pengusaha muda masih sangat membekas dan tidak akan hilang di telan waktu. Seseorang dibalik suksesnya jaringan usaha daging olahan Kemfood dan Supermarket Kem Chicks ini dikenal dengan sosoknya yang sederhana. Penampilannya yang sangat lekat sekali di mata masyarakat adalah kemeja lengan pendek dan juga celana pendek. Karena kesederhanaannya inilah membuat Bob Sadino begitu hangat dan ramah kepada siapa saja yang ingin bertanya mengenai dunia usaha darinya. Tak hanya perihal bisnis akan tetapi kisah kehidupan yang bisa memberikan semangat baru bagi orang-orang yang mungkin pernah putus asa menjadi memiliki semangat kembali.

Berikut adalah 5 pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah sukses seorang Bob Sadino semasa hidupnya,

  • Penampilan Mungkin Penting Tapi Itu Bukanlah Segalanya

Bob Sadino

Pasti anda sudah tidak asing dengan penampilan pengusaha nyentrik yang satu ini. Pada umumnya orang-orang yang memiliki jabatan tinggi jika akan bertemu dengan calon partner kerja, melakukan rapat sudah biasanya akan mengenakan setelan baju yang rapi. Berbeda dengan yang anda lihat dengan pengusaha yang gemar menggunakan celana pendek dalam kesehariannya. Mungkin, jika anda bertemu dengan orang penting dalam kepentingan bisnis dengan menggunakan pakaian seperti ini anda akan di cap sebagai orang yang tidak sopan. Bisa-bisa hubungan kerja anda pun bisa tidak berlanjut.

Namun, bukan itu yang ingin ditunjukkan oleh Bob Sadino. Ia ingin mengajarkan bahwa jangan selalu melihat orang hanya dari luarnya saja dan tidak bisa langsung membuat sebuah penilaian hanya dari pakaiannya saja. Semuanya kembali lagi pada kualitas diri yang dimiliki.

  • Lupakan Rasa Takut, Mulai Saja!

sukses bob sadino

Nah, ini mungkin yang sering sekali menjadi pertanyaan. Termasuk mungkin anda yang juga saat ini ingin sekali mencoba untuk berbisnis karena melihat sudah banyak orang berbondong-bondong menggeluti di dunia usaha. Namun, seringkali pula ini menjadi sebuah pertanyaan yang tak kunjung selesai. Pada saat akan memulai tentu anda harus menentukan terlebih dahulu bisnis apa yang akan anda buka. Kemudian memikirikan banyak hal yang sebenarnya untuk tahap awal belum terlalu harus dipusingkan.

Lama-kelamaan anda hanya mentok pada ide-ide dan konsep saja tanpa ada aksi untuk membuka usaha tersebut. Jika anda terus mencari namun tidak memulai mana bisa anda tahu bisnis apa yang kompeten. Akan berbeda halnya apabila anda mulai mencoba dan seiring perjalanan anda akan lebih banyak belajar dan menganalisa dari hal-hal yang anda temui dalam berbisnis. Intinya anda boleh memiliki perencanaan yang banyak namun tanpa adanya eksekusi akan menjadi hal yang tidak akan pernah terealisasikan.

  • Tekad Yang Bulat

kartu nama

Anda pasti pernah sangat terinspirasi oleh sosok muda yang telah mencapai suksesnya di usia muda. Contoh anak muda yang sukses berbisnis bisa anda baca disini. Jika melihat hal tersebut tentulah anda pun ingin merasakannya. Lalu bagaimana caranya?

Jika anda memiliki niat dan kemauan untuk terjun menjadi seorang pengusaha maka sekarang anda tinggal harus memiliki tekad yang bulat. Tekad disini maksudnya adalah anda benar-benar secara sepenuh hati dan terjun langsung untuk mengupayakan segalanya untuk kemajuan bisnis anda. Tidak ada yang tahu bagaimana usaha anda kedepannya namun dengan tekad yang sudah bulat anda akan bisa bersabar dan tidak pantang menyerah untuk kembali bangkit. Sukses tidak bisa didapat dengan cara yang instan harus dengan kerja keras dan perjuangan. Seperti halnya Elang Gumilang sebelum mencapai suksesnya harus melewati berjualan donat terlebih dahulu sebelum hingga akhirnya sukses seperti sekarang ini.

  • Komunikasi Dengan Pelanggan

komunikasi pelanggan

Komunikasi dalam hal apapun merupakan hal paling penting agar semua bisa berjalan sesuai dengan tujuan bersama. Bos Sadino meskipun ia tidak lagi memegang operasi pada usahanya namun ia masih tetapi menyempatkan untuk datang berkunjung ke perusahaannya. Ia menyapa dengan hangat dan ramah para pelanggannya. Disini Bob ingin mengajarkan bahwa sebelum anda ingin memecahkan masalah pelanggan maka anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan mereka. Dengan begitu anda bisa memberikan apa yang konsumen butuhkan sehingga anda akan bisa membuat hidup para pelanggan anda menjadi lebih baik karena kebutuhan mereka bisa terpenuhi dengan baik.

  • Pendidikan Formal Penting Namun Bukan Penentu Kesuksesan

Pendidikan formal

Meskipun Bob hanyalah lulusan SMA walaupun ia pernah menikmati bangku kuliah sebelum akhirnya ia harus di Drop Out di jurusan hukum selama tiga bulan. Walaupun memang pendidikan formal itu penting dan harus namun bukan menjadi patokan kesuksesan anda. Ini bergantung sejauh mana anda mampu memanfaatkan dan mengaplikasikan ilmu yang telah anda miliki dalam prakteknya.