Memulai Bisnis Tanpa Modal? Siapa Takut!

Memulai Bisnis Tanpa Modal? Siapa Takut!

Modal menjadi sesuatu yang seringkali menghambat dalam memulai bisnis. Seseorang cenderung akan terlebih dahulu dipusingkan dengan modal awal yang harus dikeluarkan untuk memulai bisnis yang sedang mereka ingin bangun. Lalu sebenarnya apakah bisa memulai usaha tanpa modal namun bisa meraup sukses atau untung yang banyak?

Sebenarnya ada beberapa usaha yang tidak memerlukan modal yang tidak begitu besar atau bahkan tanpa modal sekalipun. Seperti berjualan online menjadi reseller, penulis artikel dan lain sebagainya. Namun, itu tidak semata-semata berjalan tanpa modal sama sekali tetap anda harus pula mengeluarkan boiaya untuk promosi dan juga untuk keperluan bekerja. Meskipun demikian modal yang di keluarkan tidaklah begitu besar. UntukĀ itu berikut ini adalah beberapa contoh bisnis yang tidak terlalu membutuhkan modal yang besar.

  • Menjadi Reseller atau Dropshipper

Memulai Bisnis Tanpa Modal? Siapa Takut!

Dengan menjadi seorang reseller anda tidak perlu memikirkan tentang pembuatan produk yang akan anda jual. Yang harus anda lakukan hanyalah berfokus pada marketing dan memasarkan produk pada orang lain. Walaupun barang yang anda ambil adalah dari orang lain namun anda harus tetap memastikan bahwa itu adalah barang dengan kualitas yang baik. Seperti misalnya anda bisa berjualan online dengan berjualan pakaian wanita dengan mengambilnya pada supplier tertentu lalu anda menjualnya kembali. Anda bisa memilih hanya menjual pakaian-pakaian yang best seller sehingga kemungkinan orang untuk membeli lebih banyak. Bisa juga anda berjualan melalui website dengan memiliki domain sendiri agar terlihat lebih profesional walaupun memang diperlukan modal untuk membuatnya namun bukankah lebih murah harga membeli domain dibanding anda menyewa ruko/tempat.

  • Freelance Writer

Memulai Bisnis Tanpa Modal? Siapa Takut!

Salah satu profesi yang banyak diminati saat ini adalah menjadi seorang penulis lepas. Selain karena jam kerjanya tidak terikat oleh waktu tapi juga memang peluangnya untuk saat ini cukup banyak jika anda rajin untuk mencarinya. Anda bisa menjadi seorang penulis dalam sebuah website misalnya yang bertemakan tentang bisnis kemudian anda bisa mencari sumber informasinya melalui internet atau pun buku yang dimiliki. Dalam profesi ini hanya diperlukan komputer dan akses internet untuk menjalankan pekerjaan, penghasilan yang didapat dari sini memang awal-awal tidak terlalu seberapa akan tetapi jika anda terus mengasah kemampuan bukan tidak mungkin anda bisa meminta untuk menaikkan bayaran.

  • Penyedia Jasa

Memulai Bisnis Tanpa Modal? Siapa Takut!

Kira-kira bisnis penyedia jasa apa yang tidak terlalu membutuhkan modal minim untuk menjalaninya? Yap, penyedia jasa SEO (Search Engine Otimation) adalah salah satunya. Jasa ini sebenarnya pada saat ini banyak sekali dibutuhkan apalagi dalam bisnis.

“Banyak jalan menuju Roma” begitulah kata pepatah.

Memulai Bisnis Tanpa Modal? Siapa Takut!

Begitu pula dengan mencapai kesuksesan masih banyak cara untuk mewujudkannya. Asalkan memang kita mau berusaha dan tidak cepat menyerah.

Sebenarnya tidak ada bisnis yang tanpa modal sama sekali yang ada hanyalah bisnis dengan modal yang minim. Karena bagaimana pun juga ada yang harus dikeluarkan dalam memulai bisnis masalah berapa yang dikeluarkan itu semua disesuaikan dengan kemampuan anda. Asalkan semuanya di tekuni dengan serius dan pantang menyerah maka bukan tidak bisa bisnis yang anda bangun dari nol akan menjadi besar di kemudian hari.