5 Tips Untuk Memulai Bisnis Percetakan

5 Tips Untuk Memulai Bisnis Percetakan

Jika ditanya mengenai usaha apa yang memiliki peluang dan banyak ditemui mungkin salah satu jawabannya adalah bisnis percetakan. Mengapa demikian?

Pernahkan kalian menyadari jika bisnis jenis ini banyak ditemui baik dalam usaha rumahan ataupun kantoran. Karena memang cukup banyak peluang yang bisa didapat dari bisnis ini, lalu mengapa tidak anda mencoba untuk berbisnis di bidang ini?

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat seiring pula dengan meningkatnya kebutuhan yang berhubungan dalam percetakan. Mungkin anda yang sudah lama tertarik dan melihat jika bisnis dalam jenis ini bisa dikembangkan dan menjadi suatu peluang usaha yang menggiurkan namun masih terhalang niat untuk memulainya. Memikirkan untuk memulai bisnis memang mudah akan tetapi yang akan menilai bisnis kita berhasil atau tidak adalah dengan kita memulainya terlebih dahulu.

Lalu bagaimana langkah-langkah untuk memulainya?

  • Pintar Membaca Peluang

5 Tips Untuk Memulai Bisnis Percetakan

Coba perhatikan lingkungan sekitar anda, sebenarnya terkadang peluang datang dari hal-hal yang biasa anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh bila anda mendengar keluarga atau tetangga akan mengadakan acara pernikahan atau khitanan itu bisa menjadi sumber peluang. Jika anda belum memiliki pengalaman sama sekali coba yakinkan jika anda bisa menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu. Pada intinya anda harus pintar-pintar membaca peluang yang ada. Pada awalnya memang anda jangan terlalu mengharapkan untung yang terlalu banyak karena dengan mendapatkan kepercayaan saja itu sudah membawa keuntungan tersendiri bagi anda. Yang terpenting adalah dengan anda bisa mengambil peluang yang ada di sekitar anda lalu anda bisa mendapatkan kesempatan itu dan giliran anda yang melakukannya dengan sebaik mungkin. Jangan sampai mengecewakan pelanggan. Jika sudah semakin banyak orang yang mengenal dan mengetahui anda bisa melakukannya dengan baik barulah pada bulan-bulan berikutnya anda bisa mulai menghitung keuntungan.

  • Ingat, Kesempatan Tidak Datang 2 Kali!

5 Tips Untuk Memulai Bisnis Percetakan

Jika anda mendapatkan orderan jangan sampai anda melewatkannya apalagi menolaknya, untuk awal-awal sebaiknya anda harus selalu menyanggupinya. Anda bisa mengurusinya sendiri atau juga bisa bekerja sama dengan orang lain. Yang terpenting orderan yang diminta harus bisa ada dan selesai ini baik untuk pencitraan diri. Jadi, kepercayaan konsumen terhadap anda bisa semakin meningkat dan membuat mereka puas untuk menggunakan jasa anda.

  • Malu Bertanya Sesat Di Jalan

5 Tips Untuk Memulai Bisnis Percetakan

Pada tahap awal memang anda mungkin tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang bisnis percetakan ini. Jika anda mau berusaha sedikit cobalah untuk ke toko kertas dan tanyalah tentang jenis-jenis kertas dan juga harganya. Lalu bisa juga tanyakan bagaimana proses percetakan itu sendiri dari awal hingga akhir, anda menjadi seolah-olah orang yang paling tidak tahu mengenai hal ini. Perlu diingat mungkin mereka tidak akan terlalu terbuka dengan anda terkecuali jika anda benar-benar membeli bahan baku di toko mereka.

  • Mengetahui Tahapan Produksi Cetak

5 Tips Untuk Memulai Bisnis Percetakan

Bagi orang awam atau yang baru memulai tahapan produksi cetakan mungkin tidak akan begitu saja tahu dengan detail. Namun, seiring dengan berjalannya waktu anda menekuninya dengan serius maka anda akan mengetahuinya bahkan di luar kepala.

Sebagai gambaran inilah tahapan produksi cetak,

  1. Terima order
  2. Analisa order
  3. Mengkalkulasi harga
  4. Mengetahui komponen alat produksi yang diperlukan
  5. Proses produksi
  6. Qulity Control
  7. Packing
  8. Pengiriman barang
  9. Proses pembayaran
  10. Pelayanan setelah pengiriman berupa pengalaman pelanggan menggunakan service dari usaha anda
  • Melakukan Investasi

5 Tips Untuk Memulai Bisnis Percetakan

Jika anda berniat untuk membeli alat-alat produksi yang tentu saja memerlukan biaya yang cukup tinggi sebaiknya anda mengurungkannya terlebih dahulu. Untuk saat ini sebaiknya anda lebih fokus dengan mencari-cari peluang yang ada dan memaksimalkan ilmu dan juga pengetahuan. Anda mungkin bisa berinvestasi dengan cara lain yaitu investasi dalam hal memperdalam ilmu yang bisa anda dapatkan dari orang-orang yang mungkin sudah berpengalaman sebelumnya. Anda juga bisa memperluas networking untuk semakin memperluas dan memperbanyak peluang yang order di anda.

Jangan tunda lagi untuk memulai bisnis anda karena hasil tidak akan pernah membohongi proses :)