Dari Tukang Foto Kopi Sukses Membangun Bisnis Percetakan

percetakan“Banyak jalan menuju Roma” itulah ungkapan peribahasa yang sering kita dengar untuk suatu kondisi yang sebenarnya masih banyak kemungkinan dan kesempatan lain yang bisa diraih. Itu juga yang diyakini oleh seorang mahasiswa asal Universitas Gajah Mada (UGM) angakatan 2008 jurusan Teknik Industri. Cerita suksesnya hingga bisa sampai memiliki sebuah usaha percetakan buku Deepublish ini berawal dari peluang yang ia lihat untuk memenuhi kebutuhan teman-temannya di bangku kuliah dulu dan memulai bisnis foto kopi. Dari situlah semuanya dimulai dan tentu saja bukan tanpa hambatan Annur Budi membangun bisnis percetakannya ini.

(Baca Juga : Digital Printing VS Percetakan Offset)

Seperti yang sudah dibahas tadi bahwa Annur memulainya saat ia berada di bangku kuliah saat itu, kehidupan seorang mahasiswa yang tidak lepas dari tugas dan foto kopi tentu saja dilihat sebagai peluang. Maka akhirnya Annur Budi memulai untuk membuat jasa foto kopi, dari situlah bisnis yang dirintisnya semakin berkembang. Bahan-bahan mata kuliah yang biasa di berikan oleh para dosen kemudian diolahnya menjadi sebuah buku dan ia pun bekerja sama dengan para dosen. Ternyata, hal itu dirasa sangat menguntungkan bagi rekan-rekan mahasiswa karena materi yang dibuatnya ringkas dan jelas sehingga lebih dimengerti. Semakin hari semakin banyak perkembangan hingga pada akhirnya bisnis yang dari nol ia bangun sedikit demi sedikit mulai menunjukkannya hasilnya.

Ini semua berkat jerih payah dan juga sikap pantang menyerah yang dimiliki oleh Annur Budi karena ia bisa terus fokus dan juga konsisten untuk menjalani bisnisnya. Mahasiswa keluaran UGM ini pun mengaku jika kita ingin membuka bisnis haruslah pintar-pintar membaca peluang apa yang sedang ada dihadapan atau disekeliling kita karena mungkin dari situlah bisnis kita bisa dimulai. Kegigihan, sikap pantang menyerah, berani mencoba haruslah dimiliki oleh seseorang yang ingin terjun ke dunia bisnis. Maka dari itu tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha dan tentu saja jangan takut untuk gagal karena jika kita gagal mungkin kita tidak pernah bisa tau dan belajar apa yang harusnya kita perbaiki.